Sabtu, 16 Maret 2013

GAWAT.........!KANKER DISEKITAR KITA!!!

Mungkin topik ini baut sob semua dah bosan dan jenuh.Saking banyaknya topik yang ngebahas kanker.By the way,topik bukan mo ngebahas kankernya,tetapi dampak yang muncul akibat penyakit ini.Ini sekedar ngeremind sob aja kok.

Penyakit kanker adalah pembunuh no 2 di dunia.Setiap 11 menit 1 penderita kanker meninggal dunia.Dan setiap 3 menit muncul penderita baru di dunia.Di Indonesia kanker menempati urutan ke 5 penyebab kematian.

Kanker disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal.Penyakit ini bisa berkembang dengan cepat atau lambat,tergantung dari jenisnya.Hanya beberapa penyakit kanker yang bisa disembuhkan dengan tuntas,terutama jika pengobatan dilakukan sejak stadium dini.Keberhasilan pengobatan tergantung dari jenis kanker,kondisi umum penderita,stadium kanker,dan usaha penderita untuk sembuh.

Penyakit kanker bukanlah penyakit yang ringan.Langkah awal dalam pengobatan kanker adalah deteksi dengan benar bahwa gejala yang muncul pada tubuh pasiena adalah benar-benar sel kanker ganas.


1 jenis kanker yang sering muncul,terutama pada kaum wanita, adalah kanker serviks.kanker serviks atau yang disebut juga sebagai kanker mulut rahim merupakan salah satu penyakit kanker yang paling banyak ditakuti kaum wanita. Berdasarkan data yang ada, dari sekian banyak penderita kanker di Indonesia, penderita kanker serviks mencapai sepertiga nya. Dan dari data WHO tercatat, setiap tahun ribuan wanita meninggal karena penyakit kanker serviks ini dan merupakan jenis kanker yang menempati peringkat teratas sebagai penyebab kematian wanita dunia.

Kanker serviks menyerang pada bagian organ reproduksi kaum wanita, tepatnya di daerah leher rahim atau pintu masuk ke daerah rahim yaitu bagian yang sempit di bagian bawah antara kemaluan wanita dan rahim.
Jenis kanker ini disebabkan oleh virus bernama Human Papilloma Virus – atau yang lebih dikenal virus HPV ini.  Sekitar 70% – 80% dari pengidap kanker serviks disebabkan oleh virus HPV 16 dan HPV 18 sebagai penyebab utamanya, seseorang yang terinfeksi virus papiloma ( Human Papilloma Virus -HPV ).
 
kanker serviksSelain itu, kebiasaan hidup yang kurang baik juga bisa menyebabkan terjangkitnya kanker serviks ini. Seperti kebiasaan merokok, kurangnya asupan vitamin terutama vitamin c dan vitamin e serta kurangnya asupan asam folat. Kebiasaan buruk lainnya yang dapat menyebabkan kanker serviks adalah seringnya melakukan hubungan intim dengan berganti pasangan, melakukan hubungan intim dengan pria yang sering berganti pasangan dan melakukan hubungan intim pada usia dini (melakukan hubungan intim pada usia <16>
.

Lalu bagaimana dengan biaya pengobatannya.....?Tentunya untuk penaykit sejenis ini dibutuhkan biaya yang sangat tinggi untuk dapat menyembuhkannya.Seperti dilansir di detikHealt,"Rata-rata biaya yang dikeluarkan cukup besar, yaitu antara Rp 102-106 juta/bulan," Dr Ulfana Said Umar, Wakil Sekretaris Umum Yayasan Kanker Indonesia (YKI) usai launching Cigna Complete Cancer Protection di Restoran Bebek Bengil Menteng, Kamis (2/8/2012).

Untuk sampai ke diagnosis awal saja, menurut Dr Ulfana biaya yang dibutuhkan sudah mencapai Rp 10 juta. Apabila kankernya bisa dioperasi, minimal dibutuhkan Rp 25-29 juta, lalu masih harus radiasi dan kemoterapi dengan biaya Rp 2-6 juta sekali terapi sebanyak rata-rata 6 kali terapi.Begitu juga untuk pengobatan alternative seperti  pengobatan TCM.

Melihat kondisi diatas,dan besarnya resiko terkena kanker serviks,serta besarnya biaya yang timbul untuk pengobatan,maka sangat disarankan untuk membuat sebuah perencanaan keuangan sedari dini.
Mengambil asuransi adalah salah satu langkah bijak untuk mengatasi kondisi keuangan yang menurun selama berlangsungnya pengobatan.
Kita semua berharap,dengan direncanakannya keuangan untuk pengobatan penyakit ini,dampak yang timbul terutama dampak sosial (bertambahnya angka kemiskinan) tidak terjadi.
.

Management revolution